Canon IXUS 220 HS And Kodak C 123

Beberapa bulan yang lalu Alhamdulillah saya bisa membeli sebuah kamera digital Canon IXUS 220 HS, salah satu gadget yang tertulis di daftar keinginan saya di tahun 2011. Hanya saja, yang tertulis di sana adalah Sony Cybershot TX-5 yang merupakan waterproof digital camera atau kamera tahan air yang bisa mencapai kedalaman 5 meter. Tetapi setelah saya pertimbangkan dan melakukan berbagai penelitian serta studi komparasi dari berbagai situs dan narasumber, pocket camera keluaran Sony tidak begitu menjanjikan, Sony hanya juara di bagian design yang teramat sangat menarik hati, sedangkan dari segi kulalitas image yang dihasilkan dan berbagai fitur yang dimiliki, Canon dan Kodak jauh lebih unggul.

Saya sempat melakukan beberapa komparasi di situs snapsort.com antara IXUS 220 HS dengan kamera lain yang sekelas namun lebih murah seperti IXUS 115 HS atau Kodak M531, bahkan dengan yang lebih mahal sekali pun seperti  IXUS 125 HS, 230 HS, 240 HS, Canon Powershot Sx 150 IS, SX 230 HS, Nikon CoolPix S6200, dan S6300. Hasilnya IXUS 220 HS tetap lebih unggul bahkan menyaingi kelas-kelas di atasnya. Akhirnya dengan budget yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan budget untuk membeli sebuah kamera Sony Cybershot TX-5, saya memutuskan untuk membeli satu pocket camera Canon IXUS 220 HS daaaan disusul dengan satu waterproof digital camera Kodak C123!!!! Hasilnya? Saya teramat sangat puas. Dengan demikian saya memiliki satu camera digital dengan kualitas image yang menakjubkan, dan satu underwater camera yang worth it. :D

Karena saya tidak begitu mahir ngulik fitur-fitur yang disediakan Canon, saya lebih memilih untuk mengaktifkan mode auto, dan menurut saya Canon sudah cukup pintar dalam mengatur dirinya sedemikian hingga kualitas Image yang dihasilkan sangat proporsional. IXUS 220 HS dilengkapi dengan ultra-wide 5x zoom dan resolusi kamera sebesar 12,1 MegaPixels. Kamera ini sangat ringan (141gr) dan tipis (0,8″) sehingga pas di saku.

Berikut adalah hasil jepretan dari Canon IXUS 220 HS:

Keunggulan lain dari pocket camera satu ini selain terletak pada gambar juga terletak pada kualitas video yang sudah mendukung Full HD, sehingga rekaman yang dihasilkan sangat jernih dan tajam. Tidak akan mengecewakan jika digunakan untuk special moments sekali pun. Hasil rekaman dari IXUS 220 HS bisa dilihat di sini.

Jika dibandingkan dengan IXUS 220 HS, hasil jepretan kamera keluaran Februari 2011 Kodak C123 memang lebih rendah. Kualitas image dari Kodak C123 bisa dikatakan standar. Tidak begitu wah tapi sesuai dengan harga yang ditawarkan. Hasil rekamannya pun belum masuk jajaran High Definition. Tapi bagi perenang sesekali dan bukan penyelam seperti saya, memiliki Kodak C123 sangat menyenangkan. C123 yang dilengkapi dengan resolusi kamera sebesar 12 MegaPixels ini bisa tahan hingga kedalaman 3m di bawah permukaan air. Fitur standar seperti timer dan pengaturan flash juga sudah dimiliki oleh kamera ini.

Berikut adalah hasil jepretan dari kamera Kodak C123:

Kesimpulannya, daripada harus membeli kamera tahan air tetapi juga memiliki kuliatas image yang bagus dengan harga rata-rata cukup tinggi, paduan antara Canon IXUS 220 HS dan Kodak C123 sangat cocok untuk beginner photographer dan bukan diver seperti saya. :D

Spesifikasi lengkap dari Canon IXUS 220 HS bisa dilihat di sini.
Spesifikasi lengkap dari Kodak C123 bisa dilihat di sini.

About these ads

4 thoughts on “Canon IXUS 220 HS And Kodak C 123

  1. Airy says:

    Siiip lah…!, mkin yakin z mo bli ixus 220hs,dpt hrg memuaskan dri tko langganan… sayang inden stok lagi kosong.

What do you say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s